Senin, 07 Mei 2012

mulai batanam manurut kitab


dalam kitab Tajul Muluk (Mahkota Raja) yang ditulis oleh Syech Abdurrauf (Syiah Kuala) pada abad 16 M, disana disebutkan waktu yang baik untuk mulai menanam dan jenis tanamannya. Itu terkait dengan bulan, hari dan jam kita melakukan penanaman.

Untuk jenis tanaman berbatang, berbiji, berbunga, berdaun dan berbuah di atas tanah, sebaiknya ditanam pada waktu bulan naik dalam tahun hijriah, yaitu 1 s/d 15 hari bulan hijriah. Sedangkan untuk tanaman yang berbuah dan berakar dalam tanah (yang berumbi), sebaiknya dilakukan pada waktu bulan turun, yaitu 16 s/d 30 hari bulan hijriah.
Lebih lanjut, terkait penentuan hari dan jenis tanaman, pada hari Minggu, tepatnya menanam segala jenis tanaman yang berbatang, seperti kulit kayu manis, jati, mahoni, cemara laut, karet, tebu dan yang sejenis dengan itu, pada hari penanaman dilakukan pada pagi atau sore setelah shalat Ashar.
Pada hari Senin, tepatnya menanam segala jenis tanaman yang berbuah dalam tanah, seperti kentang, ubi kayu, jahe, kunyit dan semua yang sejenisnya. Penanaman pada hari ini dilakukan pada hampir tengah hari atau sebelum azan Dzuhur.
Untuk hari Selasa, penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu Dhuha, sekitar jam 7 s/d 10 pagi, dan jenis tanaman yang cocok adalah tanaman yang berbiji, seperti padi, jagung, kacangan, merica, pinang, kemiri, sawit, coklat dan yang sejenis dengannya.
Menanam segala jenis bunga ada baiknya dilakukan pada hari Rabu, ini dilakukan pada tengah hari atau setelah shalat Ashar. Sedangkan segala jenis tanaman yang dimanfaatkan daunnya, seperti sawi, kol, bayam, nilam dan sejenisnya, baiknya penanaman dilakukan waktu pagi hari atau tengah hari pada hari Kamis.
Hari Jum’at, segala jenis tanaman yang berbuah di batang tepat ditanam pada hari tersebut, seperti kelapa, mangga, pepaya, pisang cabai, terong, tomat, semangka dan sejenisnya. Waktu yang tepat ditanam adalah setelah selesai waktu shalat Jum’at.
Seluruh tanaman yang dimanfaatkan akarnya, seperti ginseng, akar wangi, akar ilalang dan sejenis dengannya, sangat cocok ditanam pada hari Sabtu pagi atau dalam waktu Dhuha,
wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar